Beranda > Otomotif > Fungsi TPS di Karburator

Fungsi TPS di Karburator


Sekarang ini banyak motor yang mengaplikasi teknologi TPS (yang bukan tempat pembuangan sampah) pada karburatornya. Ambil contoh seperti Honda Karisma, Yamaha Jupiter MX, juga motor sport baru Yamaha Byson
Apakah maksudnya? Apa fungsinya? Yuuk baca terus.

TPS pada karburator ini berfungsi untuk menggeser waktu pengapian lebih awal pada saat gas dibuka. Dengan bergesernya waktu pengapian menjadi lebih awal pada saat gasingan motor lebih tinggi maka efisiensi bahan bakar pun akan lebih baik. Selain itu tenaga yang dihasilkan akan optimal.

Di balap teknologi ini juga dikembangkan pada CDI kompetisi macam brt atau rextor, biasanya disebut dengan multimap. Karena dalam satu CDI terdapat lebih dari 1 map yang biasanya dikontrol oleh perpindahan gigi.

Banyak kasus kerusakan pada sistem TPS ini akan mengakibatkan loyonya tenaga motor dan juga borosnya bahan bakar. Ini juga akan terjadi jika sistem ini dilepas dari karburator atau kabel penghubung Throttle Position Sensor ini putus.

Bersyukurlah pemilik motor yang dari sononya sudah dilengkapi teknologi TPS ini. Karena sistem ini akan susah dicangkok pada motor lain yang ingin menggunakan teknologi ini karena berhubungan dengan dudukan pada karburator dan juga sistem CDI yang digunakan.
Sumber

Artikel Terkait :
Fungsi dan Cara Kerja Karburator
Ssst Ini Dia Rahasia Pintu Unik Ford B-Max
Bak Oli Pada Kendaraan
Roda Penerus / Roda Gila
Poros Nok / Nokn As
Ring Piston dan Connecting Rod
Block Silinder
Kepala Silinder (Cylinder Head)

Kategori:Otomotif Tag:, ,
  1. Belum ada komentar.
  1. Maret 4, 2012 pukul 5:07 am
  2. Maret 6, 2012 pukul 5:09 pm
  3. Maret 6, 2012 pukul 5:49 pm
  4. Maret 10, 2012 pukul 11:38 am

Tinggalkan komentar