Beranda > Otomotif > Bushing Ulir Busi Motor 4 Tak

Bushing Ulir Busi Motor 4 Tak


Untuk perbaikan perumahan busi yang aus [dol] kami merekomendasikan dengan dua cara yaitu dengan pengelasan dan dengan pembushingan. Dari kedua cara tersebut silahkan pilih yang paling mudah dalam pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Berikut urutan cara perbaikan lubang busi baik dengan cara dilas maupun di bushing.

Cara Bushing

Untuk cara ini ada beberapa tahap pengerjaan yang akan kami jelaskan dengan sejelas-jelasnya.

1. Pembuatan Bushing

Dalam pembuatan bushing ini diperlukan baud dengan ukuran 14 x 1.25 M atau baud tap oli Suzuki Criystal. Bor baud tersebut dengan ukuran bor 9 mm ingat rumus buat ulir dalam jika akan di taps dengan ukuran taps 10 x 1.0 M. Cara pengeboran lihat disini.

Tap lubang yang baru di bor tersebut dengan ukuran taps 10 x1.0 M. Untuk menghindari kerusakan ulir luar baud yang di tap, jepit dengan tanggem kepala baudnya.

Tahap selanjutnya jika pengetapan selesai bentuk kepala baud menjadi seperti gambar di bawah dengan ukuran D 17 mm dan tebal 1 mm

Untuk tahap pembuatan bushing selesai berikut tahap selanjutnya.

2. Pengerjaan Head

Untuk pengerjaan head ini lebih mudah dari pada pembuatan bushing diatas yaitu perlebar lubang busi asal dengan ukuran bor 12.75 mm. Dan tap dengan ukuran taps 14 x 1.25 M.

Lihat gambar di bawah.

3. Pemasangan bushing

Dalam pemasangan bushing ke head diperlukan alat tambahan seperti gambar di bawah, yaitu batang besi dengan ujung drat ukuran busi yang akan dipasang, bisa membuat dengan membubut ataupun dengan menyambung ulir busi dengan batang besi. Dalam gambar terlihat dengan menggunakan sambungan ulir busi yang disambung dengan batang baud.

Pasang bushing ke alat tambahan yang di buat tadi, kencangkan dan pasang ke head kuat-kuat.

Tempatkan di ragum dan keling sisa bushing yang tersisa, cara pengelingan tergantung dari kemampuan indifidu masing-masing. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa hasil kelingan jangan sampai terkena klep pemasukan ataupun klep buang.

Jika pengelinagn berhasil dijamin pemasangan bushing tidak akan mengalami kebocoran.

Sebagai tahap finishing, tap ulang lubang busi yang terkena pukulan sewaktu pengelingan.

Perbaikan dengan cara dilas

Untuk cara ini diperlukan keahlian yang matang dalam mengelas head sebuah motor karena pengelasan ini benda kerja yang dilas berbahan Almunium. Pengelasannya pun dengan las almunium.

Setelah lubang busi pada head motor di tutup barulah kemudian di bor dan di taps seperti di atas.

Sumber

Artikel Terkait :
Cara Setrum Aki
Kerusakan Pompa Bensin Vixion
Fungsi TPS di Karburator
Fungsi dan Cara Kerja Karburator
Ssst Ini Dia Rahasia Pintu Unik Ford B-Max
Bak Oli Pada Kendaraan
Roda Penerus / Roda Gila

  1. Maret 7, 2012 pukul 10:57 am

    kalo orang awam sulit melakukan kaya gitu om, paling gampang ya ke bengkel atau tukang bubut,

    meninggalkan jejak, sekalian tukeran link
    http://otto-x.blogspot.com
    ditunggu di gubuk saya om
    salam kenal, happy blogging🙂

    • Maret 8, 2012 pukul 4:40 am

      Terimaskasih atas kunjungannya Sob.,.,😀

  2. November 19, 2012 pukul 9:02 pm

    mas mau tanya secara teoritis bushing itu untuk apa?

  1. Maret 10, 2012 pukul 11:37 am
  2. Maret 11, 2012 pukul 12:47 am
  3. Maret 13, 2012 pukul 3:49 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: