Beranda > Otomotif > Desain Karburator

Desain Karburator


carburator

Karburator dapat dikelompokan menurut arah aliran udara, barel dan tipe venturi. Tiap-tiap karburator mengkombinasikan ketiganya dalam desainnya.

Arah Aliran Udara

1. Aliran turun (downdraft), udara masuk dari bagian atas karburator lalu keluar melalui bagian bawah karburator.
2. Aliran datar (sidedraft), udara masuk dari sisi samping dan mengalir dengan arah mendatar lalu keluar lewat sisi sebelahnya.
3. Aliran naik (updraft), kebalikan dari aliran turun, udara masuk dari bawah lalu keluar melalui bagian atas.

Barel

carburaetor

Barel adalah saluran udara yang didalamnya terdapat venturi.
1. Single barel, hanya memiliki satu barel. Umumnya digunakan pada sepeda motor atau mobil dengan kapasitas mesin kecil.
2. Multi barel, memimiliki lebih dari satu barel (umumnya dua atau empat barel), untuk memenuhi kebutuhan akan aliran udara yang lebih besar terutama untuk mesin dengan kapasitas mesin yang besar.

Venturi

1. Venturi Tetap, pada tipe ini ukuran venturi selalu tetap. Pedal gas mengatur katup udara yang menentukan besarnya aliran udara yang melewati venturi sehigga menentukan besarnya tekanan untuk menarik bahan bakar.
2. Venturi bergerak, pada tipe ini pedal gas mengatur besarnya venturi dengan menggunakan piston yang dapat naik-turun sehingga membentuk celah venturi yang dapat berubah-ubah. Naik-turunnya piston venturi ini disertai dengan naik-turunnya needle jet yang mengatur besarnya bahan bakar yang dapat tertarik serta dengan aliran udara. Tipe ini disebut juga “tekanan tetap” karena tekanan udara sebelum memasuki venturi selalu sama.

Kesuksesan Ada di Depan Mata
Tunggu Apa lagi…
Segera Daftar dan Gabung
Jangan sia-siakan Kesempatan
Nikmati Keuntungannya DISINI

Sumber : Wikipedia

Lihat Artikel Terkait :
Prinsip Kerja Karburator
Operasional Kerja Karburator
Prinsip Dasar Karburator
Pengertian, Sejarah, dan Pengembangan Karburator

  1. Belum ada komentar.
  1. November 24, 2011 pukul 4:38 am
  2. November 24, 2011 pukul 11:45 am
  3. November 24, 2011 pukul 11:45 am
  4. November 24, 2011 pukul 5:44 pm
  5. November 25, 2011 pukul 9:38 am
  6. November 30, 2011 pukul 5:51 am

Tinggalkan komentar