Beranda > Otomotif > Jenis Kopling Pada Kendaraan

Jenis Kopling Pada Kendaraan


gear kopling

1. Kopling Kaku

Kopling kaku adalah unit kopling yang menyatukan dua jenis poros yang tidak mengizinkan terjadinya perubahan posisi kedua poros atau terlepas, disengaja atau tidak disengaja, ketika beroperasi. Kopling kaku merupakan pilihan yang tepat ketika kedua poros ingin dihubungkan dengan pengaturan posisi yang stabil dan presisi. Kopling ini merupakan kopling dengan usia pakai yang paling tinggi selama batasan torsi, RPM, dan beban dari poros dan kopling tidak dilampaui.

kopling beam
Kopling beam dengan bagian heliksnya

Cv joint

jenis kopling

kopling roda gigi
Kopling roda gigi

kopling oldham
Kopling Oldham

Universal Joint
Universal Joint

Kopling fleksibel digunakan ketika kedua poros ada sedikit perubahan posisi secara aksial, radial, maupun angular ketika mesin beroperasi. Beberapa jenis kopling fleksibel yaitu:

~ Beam
~ Kopling CV (constant-velocity)
~ Diafragma Disc coupling
~ Fluid coupling
~Kopling roda gigi (gear
coupling)
~ Hirth joint
~ Oldham
~ Rag joint
~ Universal joint

Kopling beam, atau bisa juga disebut dengan kopling heliks, adalah kopling yang menghantarkan daya antara dua poros dengan memperbolehkan adanya perubahan posisi dari poros secara angular, aksial, maupun paralel hingga batasan tertentu, ketika poros bekerja. Desain dari kopling beam adalah sepotong kopling yang memiliki bagian yang kosong sepanjang badan kopling berbentuk heliks atau spiral, sehingga menjadikannya fleksibel. Kopling beam biasanya dibuat dari logam paduan aluminium, baja tahan karat, dan titanium.
Gear coupling adalah kopling yang mentransmisikan daya antara dua poros yang tidak berada dalam satu garis. Kedua poros dihubungkan dengan poros ketiga di dalam kopling yang disebut sebagai spindle.
Kopling CV adalah kopling yang memungkinkan untuk mentransmisikan daya pada sudut yang bervariasi dan pada kecepatan putar yang konstan. Kopling jenis ini biasa digunakan pada mobil front wheel drive dan all wheel drive.
Universal joint adalah jenis kopling dalam bentuk dua batangan kaku yang memungkinkan terjadinya pembelokan arah transmisi daya dari sumber daya. Uniersal joint terdiri dari sepasang hinge yang berdekatan dan dihubungkan dengan cross shaft. Universal joint, walau dapat mentransmisikan daya yang tidak segaris, namun memiliki kekurangan, yaitu dapat memberikan output RPM yang tidak konstan walau input RPM konstan. Hal itu bisa menyebabkan getaran dan keausan pada komponen mesin.

Sumber : Wikipedia

Lihat Artikel Terkait :

Prinsip Kerja Karburator
Operasional Kerja Karburator
Pengertian dan Manfaat Kopling
Sistem Transmisi Semi Otomatis
Sistem Transmisi Otomatis
Sistem Transmisi Manual
Piston Mesin dan Ring Piston
Desain Karburator

  1. Abu Tanisha
    November 25, 2011 pukul 4:01 pm

    bagus bro..buat referensi belajar otodidak gw

  2. Andi Aryatno
    November 25, 2011 pukul 5:05 pm

    Thnx gan. . . Ini masih dalam tahap pengembangan, semoga nantinya bermanfaat buat orang banyak. . . ,🙂

  3. September 23, 2012 pukul 4:21 pm

    bro low bisa pembelajaran ini jgn gmbr doang . . . . kaya di tambah animasi biar seru buat belajar
    tapi ini udh keren

    • Desember 2, 2012 pukul 8:40 am

      OK.,. terimakasih sarannya.,., siap laksanakan di posting berikutnya,.,

  1. November 27, 2011 pukul 8:16 pm
  2. November 30, 2011 pukul 3:39 am
  3. Desember 17, 2011 pukul 7:31 am
  4. Desember 17, 2011 pukul 7:39 am
  5. Desember 17, 2011 pukul 7:39 am
  6. Desember 17, 2011 pukul 7:46 am
  7. Desember 17, 2011 pukul 7:52 am
  8. Desember 17, 2011 pukul 7:57 am
  9. Desember 17, 2011 pukul 8:06 am
  10. Desember 17, 2011 pukul 8:13 am
  11. Desember 17, 2011 pukul 8:18 am
  12. Desember 17, 2011 pukul 8:22 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: