Beranda > Otomotif > Prinsip Dasar Karburator

Prinsip Dasar Karburator


prinsip kerja karburator

Karburator pada dasarnya merupakan pipa terbuka dikedua ujungnya, dalam pipa ini udara bergerak menuju intake mainfold menuju kedalam mesin/ruang bakar. Pipa ini berbentuk venturi, yaitu dari satu ujung permukaannya lebar lalu menyempit dibagian tengah kemudian melebar lagi di ujung satunya. Bentuk ini menyebabkan kecepatan aliran udara meningkat ketika melewati bagian yang sempit.
Pada tipe venturi tetap, diujung karburator dilengkapi dengan katup udara berbentuk kupu-kupu yang disebut sebagai throttle valve (katup gas), yaitu semacam cakram yang dapat berputar untuk menutup dan membuka pergerakan aliran udara sehingga dapat mengatur banyaknya campuran udara/bahan bakar yang masuk dalam ruang bakar. Banyaknya campuran udara/bahan bakar inilah yang menentukan besar tenaga dan/atau kecepatan gerak mesin. Pedal gas, atau pada sepeda motor, grip gas dihubungkan langsung dengan katup ini melalui kabel. Namun pada tipe venturi bergerak, keberadaan katup ini tidak ditemukan karena yang mengatur besarnya aliran udara/bahan bakar adalah ukuran venturi itu sendiri yang dapat berubah-ubah. Pedal atau grip gas dihubungkan dengan piston yang mengatur celah sempit dalam venturi.

venturi tetap

Bahan bakar disemburkan kepada aliran udara melalui saluran-saluran kecil yang terdapat dalam ruang sempit dalam venturi. Tekanan rendah dari udara yang bergerak dalam venturi menarik bahan bakar dari mangkuk karburator sehingga bahan bakar ini tersembur dan ikut aliran udara. Saluran-saluran ini disebut jet.

Buka gas dari langsam

Ketika handle gas dibuka sedikit dari posisi tertutup penuh, ada bagian venturi yang memiliki tekanan lebih rendah akibat tertutup katup yang sedang berputar. Pada bagian ini karburator menyediakan jet yang lebih banyak dari bagian lainnya untuk meratakan distribusi bahan bakar dalam aliran udara.

Kesuksesan Ada di Depan Mata
Tunggu Apa lagi…
Segera Daftar dan Gabung
Jangan sia-siakan Kesempatan
Nikmati Keuntungannya DISINI


bisnis online tanpa modal

Referensi : Wikipedia

Lihat Artikel Terkait :
Prinsip Kerja Karburator
Operasional Kerja Karburator

  1. Januari 6, 2014 pukul 11:21 pm

    Hello colleagues, its wonderful post on the topic of tutoringand entirely
    explained, keep it up all the time.

  1. November 21, 2011 pukul 4:43 pm
  2. November 21, 2011 pukul 7:04 pm
  3. November 24, 2011 pukul 4:39 am
  4. November 24, 2011 pukul 5:44 pm
  5. November 30, 2011 pukul 6:50 am

Tinggalkan komentar