Beranda > Berita, Fiksi > Kamu Blogger Copas atau Karya Sendiri?

Kamu Blogger Copas atau Karya Sendiri?


Semua tulisan yang sudah terbit di internet bebas untuk di ambil kemudian dipublikasikan lagi dengan atau tanpa sumber tulisan yang asli. Karena memang tidak ada undang-undang resmi yang mengatur tentang penjiplakan karya di internet. Kamus dunia wikipedia pun sudah menegaskan ketika kita akan mempublikasikan tulisan kita di wikipedia bahwa kalau kita ingin menerbitkan tulisan kita di wikipedia berati kita harus rela tulisan kita di curi sama orang lain. Kalau kita tidak mau tulisan kita dijiplak orang ya mending kita tidak usah menulis di wikipedia.

Plagiat atau kepanjangan dari Jiplak Kok Giat. Ini julukan yang sering dipakai untuk orang-orang (khususnya blogger) yang sukanya menjiplak karya orang lain. Bukan cuma tulisan, gambar, seni, ide atau apapun yang bisa jiplak.

Dalam dunia blog, kadang blog yang isinya copas tulisan orang lain ini justru pengunjungnya lebih banyak daripada blog sumber tulisan aslinya.Blogger ini tidak peduli dengan tata santun blogger, yang dia tahu adalah yang penting dia mendapat pengunjung banyak dan bisa mendapat receh dari blognya. Karena blog yang isinya tulisan-tulisan hasil copas ini biasanya hanya digunakan untuk mencari receh tambahan.

Lantas apakah respon dari sang penghasil karya tahu kalau tulisannya dijiplak oleh orang lain?

Kadang penulis akan mengirim pesan kepada si plagiat dengan isi peringatan untuk menghapus atau mencantumkan sumber dan penulis asli tulisan itu.

 

Karya sendiri atau bisa disebut juga Blogger Sejati yaitu orang yang menerbitkan tulisan atau karya di internet hasil ciptaannya sendiri. Meski kadang tulisannya hasil dari referensi web lain. Namun dia tetap memodifikasi dan hanya mengambil tulisan orang lain itu sebagai  referensi belaka.

Dijaman yang serba enak ini memang harus bersabar untuk menjadi blogger yang bisa menghasilkan karya sendiri. Tulisan kadang dicopas oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab, kadang dikritit pedas oleh para komentator-komentator. Namun, ada kebanggaan tersendiri bagi si penulis ketika tulisannya diterbitkan dan diterima banyak orang.

 

Hmmm, masuk kategori apakah kamu sekarang?

si Andi pun bukan seorang blogger sejati. Karena Saya juga sering copas tulisan orang untuk blog-blog saya yang lain, blog ini pun dulu juga merupakan blog copas tulisan orang lain. Tapi kalau lagi pengen nulis ya sebenernya bisa ngarang tulisan-tulisan, meskipun susunan kata dan pilihan kata yang masih amburadul.

 

Salam,

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: