Beranda > Otomotif > Perbaikan Pada Kaki-kaki Mobil

Perbaikan Pada Kaki-kaki Mobil


Ban

Kaki-kaki adalah salah satu bagian vital yang menjaga keseimbangan dan kestabilan mobil saat melaju dalam kecepatan tinggi. Faktor utama terjadi kerusakan pada kaki-kaki adalah benturan keras yang menekan velg/roda mundur kearah belakang dan memberikan pengaruh negatif kepada part-part yang berhubungan dengan velg/roda seperti shockbreaker, arm, tie rot, joint, dll.

Setelah benturan terjadi, umumnya posisi velg/roda mundur 3 cm s/d 10 cm dengan posisi sebelumnya. Hal ini sering kali menjadi penyebab utama proses spooring tidak bisa dilakukan, karena ada beberapa bagian part yang bengkok akibat benturan tersebut. Sehingga diperlukan perbaikan terlebih dahulu sebelum dilakukan proses spooring. Dari beberapa jenis mobil yang ada saat ini, tidak semua mobil memiliki setelan caster (setelan maju-mundur ban). Pada umumnya mobil baru jenis sedan tidak memiliki setelan caster, sehingga apabila terjadi benturan dan kaki-kaki mobil mundur diperlukan penggantian sparepart baru yang tentunya cukup menguras keuangan anda. Proses perbaikan kaki-kaki mobil dapat dilakukan pada bagian-bagian yang berbahan besi, dan bagian yang tidak dapat diperbaiki seperti: shockbreaker bocor, tierot pecah, balljoint pecah, karet-karet pecah.

Indikasi kerusakan pada kaki-kaki mobil:

  •  Posisi Velg/Ban bagian kanan/kiri tidak simetris.
  • Rasio belok R/L berbeda, lebih mudah membelok kearah velg/ban yg mundur.
  • Pada proses pengereman, ban bergetar seperti ada bagian yang kendur.
  • Stir bergetar dan saat melaju stir buang kiri atau kanan.

Spooring adalah proses penyetelan meliputi komponen suspensi, steering, dan rangka kendaraan dengan tujuan untuk meluruskan roda secara horisontal & vertikal. Dalam proses spooring terdapat 3 acuan yaitu camber, caster, dan toe.

Camber

Camber
Sudut kemiringan roda terhadap garis vertikal. Kalau Anda lihat dari depan (roda depan) posisi roda miring.

Caster
Mengatur sudut sumbu gerak kemudi. Fungsi pengatur sudut caster ini adalah mengontrol gerak kemudi dan membantu roda depan agar menjadi lebih terpusat (center).

Toe
Perbedaan jarak antara roda kanan dan kiri bagian depan dengan belakang. Untuk penggerak roda depan (FWD), toe berfungsi meningkatkan daya pengereman dan juga mengoreksi posisi camber. Adapun untuk mobil gerak roda belakang, toe berfungsi menyelaraskan roda belakang dan depan.

Sumber

Artikel ini diterbitkan juga sebagai bahan pembelajaran pemilik blog karena pemilik blog sebentar lagi ujian

Jangan Duduk Terlalu lama! Pengen tau kenapa? Lihat bahayanya di PLANET KENTIR

Baca Juga :

Gangguan Pada Sistem Kemudi

Sistem Pemindah Tenaga

Sistem Suspensi (Kendaraan)

Soal UN Teori Kejuruan Otomotif 2010 B

Soal UN Teori Kejuruan Otomotif 2010

Cara Kerja Mesin Diesel

Fungsi dan Cara Kerja Thermostat Pada Mobil

  1. Safwan
    Februari 17, 2013 pukul 8:43 pm

    Mobil innova saya tahun 2006, roda sebelah kanan tidak center dengan spakboard kira kira 4 cm. Apakah bisa di perbaiki ya…?

    • Februari 21, 2013 pukul 11:59 am

      Itu bapak habis kecelakaan ya.,.??

  2. hsputra994@gmail.com
    September 10, 2013 pukul 11:05 am

    Dear om andi, salam kenal ya om, mau tanya mobil habis dispooring dan balancing tapi kok pas jalan lurus stir miring ke kiri tidak ngebuang sih om cuman kok miring ke kiri saja, kira kira apa yaom, makasih om andi

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: