Beranda > Otomotif > Soal UN Teori Kejuruan Otomotif 2010 B

Soal UN Teori Kejuruan Otomotif 2010 B


SOAL TEORI KEJURUAN OTOMOTIF B
a.        Sistem suspensi terdiri dari komponen berikut ini, kecuali……..
A.    Shock absorber
B.      Suspension arm
C.     Coil spring
D.    Valve suspension
E.     Pegas daun
2. Torsion Bar Spring pada sistem suspensi berfungsi sebagai berikut………….
  1. Menahan gaya tekan.
  2. Menahan gaya punter
  3. Sumbu putar pada saat kendaraan membelok.
  4. Sumbu putar pada saat kendaraan lurus
  5. Menyerap getaran agar tidak diteruskan ke bodi
3. Nama bagian-bagaian dari sistim pemindah tenaga sebagai berikut, Kecuali
a.    Kopling
b.    Transmisi
c.    Poros Penggerak
d.    Penggerak Aksel
e.    fly well
4. Fungsi kopling adalah
A.    Menghubung dan memutus putaran / tenaga motor ke transmisi
B.     Mengatur perbandingan putaran motor dengan poros
C.     Meneruskan putaran / tenaga dari transmisi
D.    Mengatur perbandingan putaran motor dengan poros penggerak aksel sehingga  menghasilkan momen puntir yang diinginkan
E.     Meneruskan putaran / tenaga dari transmisi ke penggerak aksel dengan sudut yang bervariasi
5. Semua ini adalah penyebab kemudi mobil terasa berat, kecuali..
      A. Tekanan ban tidak betul
B.     Joint system kemudi aus
C.     Caster berlebihan.
D.    Camber positip
E.     Camber negatif
6. Energi-Absorbing Steering Coulumn dikelompokkan dalam beberapa type, kecuali…
A.                               Bending bracket type.
B.                               Ball type.
C.                               Steering main shaft
D.                               Sealed – in pulverised silicon – rubber type.
E.                                Tipe bola
7.Dibawah ini adalah jenis pemindah gigi, kecuali
a.Pemindah gigi langsung
b.      Pemindah gigi pada kolom kemudi
c.       Pemindah gigi kendaraan penggerak depan dengan Transmisi melintang
d.      Pemindah gigi tongkat.
e.       Pemindah gigi tak langsung
8.  Fungsi transmisi sebagai berikut, kecuali :
a.  Memungkinkan kendaraan berjalan perlahan-lahan pada gigi 4.
b.    Merubah dan mengatur moment putar dan putaran pada roda penggerak sesuai dengan kebutuhan (posisi 1, 2, 3 ……..n)
c.    Memungkinkan kendaraan berhenti meskipun dalam keadaan mesin hidup (posisi netral)
d.    Memungkinkan kendaraan berjalan mundur (posisi R . mundur)
e.    Pengemudi bisa mengatur kecepatan kendaraan sesuai yang diinginkan
9.Dibawah ini adalah komponen-komponen differential, kecuali…….
A.    Ring gear.
B.     Side gear
C.    Counter gear.
D.    Differential pinion shaft
E.     Pinion gear
10. Apabila diferential case menggerakkan piringan gear dan piringan gear memutar side gear  kanan mengitari side gear kiri, maka kendaraan akan……
a. jalan lurus.
b. Belok kiri
c. Belok kanan
d. Jawaban benar semua
e. jawaban salah semua
11. Rem merupakan bagian kendaraan yang sangat penting dalam mendukung aspek keamanan berkendaraan, maka rem harus spt dibawah ini, kecuali :
a. Dapat menghentikan kendaraan secepat mungkin
b. Dapat melaksanakan pengereman sesuai kehendak sopir
c. Rem Harus pakem
d. Dapat melaksanakan pengereman sesuai kehendak penumpang
e. penyetelan harus tepat
12. Fungsi rem tangan adalah seperti dibawah ini, kecuali :
a. Untuk memacetkan putaran roda ( misal pada saat parkir )
b. Berfungsi juga sebagai rem cadangan ( misal dalam perjalanan rem kaki tidak   berfungsi )
c.  Menahan kendaraan pada saat berhenti di tanjakan.
d. Menahan kendaraan pada saat berhenti di jalan menurun.
e. Bisa juga difungsikan sebagai rem utama( misal dalam perjalanan rem kaki berfungsi)
13. Fungsi penyetelan roda dengan camber positip adalah sebagai berikut, kecuali……
a.       Mengurangi beban vertical
b.      Mencegah roda selip
c.       Memperkecil caster
d.      Mencegah camber menjadi negatif karena beban
e.       Mencegah roller
14. Kemiringan steering axis kedepan dan kebelakang di ukur dalam derajat dari steering axis dan garis tegak lurus bila dilihat dari samping adalah difinisi dari……
a. Camber
b. Camber Caster
c. Steering axis inclination
e. king pin inclination
d. Caster
15. Sebutkan nama komponen berikut
  1. 1.Flens roda.2.Penahan bantalan. 3.Poros aksel. 4.Aksel. 5.Roda gigi matahari
  2. 1.Flens roda.2.Penahan bantalan. 3.Poros aksel. 4.Roda gigi matahari 5.Aksel .
  3. 1.Penahan bantalan. 2.Poros aksel. 3.Roda gigi matahari  4.Aksel  5.Flens roda
  4. 1.Flens roda.2.Penahan bantalan.3.Roda gigi matahari 4.Flens roda  5..Aksel
  5. .Flens roda.2.Penahan bantalan . 3.Roda gigi matahari.4.Poros aksel. 5.Aksel
16. Fungsi dari sambungan salib/ cross joint! adalah
a. Untuk meneruskan putaran dengan sudut yang bervariasi pada batas-batas  tertentu.
     b. Untuk meneruskan putaran dengan sudut yang terbatas pada batas-batas bervariasi
     c. Untuk meneruskan sudut dengan putaran yang bervariasi pada batas-batas tertentu.
d.. Untuk meneruskan sudut dengan putaran yang tertentu pada batas-batas bervariasi.
     e. Untuk meneruskan putaran dengan sudut yang bervariasi pada batas-batas  tak terhingga
17. Pada saat mesin sudah mencapai temperature kerja, aliran air pendingin melalui
  a.   Radiator, water jaket, water pump dan thermostat
  b.  Radiator, water jaket, water pump dan thermostat
  c.   water pump, water jaket, Radiator dan thermostat
  d.  water pump, water jaket, thermostat dan Radiator
  e.   water pump, thermostat, Radiator dan water jaket,
18. Pada saat mesin belum mencapai temperature kerja, aliran air pendingin melaluai :
  a.   Watter pump, by pass, water jaket
  b.  Watter pump, water jaket,  by pass
  c.   by pass, water jaket, water pump
  d.  Watter pump, water jaket, thermostat, radiator
  e.   Thermostat, radiator Watter pump, water jaket
19. Sil 1 top kompresi pada kijang seri 3 K katup-katup yang di setel adalah:
  a.   Sil 1 : ex, in, sil 2, ex & sil 4 : in
  b.  Sil 1 : ex, in, sil 2, in & sil 3 : in
  c.   Sil 1 : ex, in, sil 2, in & sil 3 : ex
  d.  Sil 1 : ex, in, sil 2, ex & sil 3 : ex
  e.   Sil 1 : ex, in, sil 2, ex & sil 3 : in
20. Letak terjadinya kebocoran kompresi, bila hasil pengukuran  sebelum dan sesudah di beri oil tetap sama:
  a.   Cicin torak
  b.  Katup dan dudukan katup
  c.   Torak / piston
  d.  Perpak / perapat
  e.   Keausan silinder
21.  Besarnya deflasi tali kipas adalah……..
a.       5 – 7 mm
b.      6 – 8 mm
c.       7 – 11mm
d.      8 – 12 mm
e.       10-14 mm
22. Bagian dari system bahan baker diesel yang digunakan untuk menghilangkan udara palsu yang masuk pada sirkuit aliran   bahan baker diesel adalah………..
  a.   Injection pump
  b.  Feed pump
  c.   Fuel delivery line
  d.  Fuel return line
  e.   Priming pump
23. Pernyataan-pernyataan dibawah ini benar untuk system bahan baker diesel yang mengunakan pompa injeksi in-line, kecuali :
  a.   Saat plunyer menuju sisi bawah pompa injeksi,bahan baker masuk kedalam silinder pompa
  b.  Saat plunyer menuju sisi atas pompa injeksi, delivery valve tertutup
  c.   Feed pompa menghusap bahan bakar dari fuel tank
  d.  Feed pompa menekan bahan bakar menuju water sedimenter dan filter
  e.   Injection nozzle mengabutkan bahan baker kedalam ruang bakar
24. Alat yang digunakan untuk mengukur berat jenis air adalah?
 A.Barometer
B.Manometer
C.Micro meter
D.Multi meter
E.Hydro meter
25. Berat jenis elektrolit air Accu pada suhu 25 derajat Celsius adalah?
A.1,10
B.1,27
C.1,50
D.2,27
E.2.30
26. Pada sistim kelistrikan body pada umumnya arus dari accu ke beban  melewati:
A.Fusible Link , Fuse , Switch , Beban
B.Switch , Fuse , Fusible Link , Beban
C.Fuse , Fusible Link , Switch , Beban
D.Switch ,Fuseble Link , Fuse , Beban
E.Beban , Switch , Fusble Link , Fuse
27. Fungsi Fuse pada kelistrikan adalah untuk :
A.Sebagai  isolator listrik
B.Sebagai pemutus hubungan
C.Sebagai  penghubung dan pemutus hubungan
D.Sebagai fariasi kelistrikan
E.Sebagai pengaman kalau terjadi arus pendek
28. Kerja sistem pengapian saat platina menutup arua bertegangan rendah akan    mengalir dari baterai…..
A.    kunci kontak – primer koil –kondensor – platina – massa
B.     kunci kontak – sekunder koil – platina – massa
C.    kunci kontak – primer koil – kondensor- platina – massa
D.    kunci kontak – primer koil – sekunder koil – platina – massa
E.     kunci kontak – primer koil – platina – massa
29. Jika celah kontak pemutus terlalu kecil , akibatnya .kecuali.
         a.     sudut dweel terlalu besar.
        b.     Koil panas.
         c.     Arus primer mangalir terlalu lama.
        d.     Ignition timming menjadi maju.
         e.     Tegangan busi besar.
30. Komponen komponen dibawah ini merupakan komponen motor staster, kecuali
A.Stater Clutch
B.Field Coil
C.Armatur
D.Yoke
E.Fuel Rack
31. Batas Torque motor stater untuk mesin 4 silinder dengan 1500 – 2000 CC  maksimal berkisar ± 0,8 – 1,0 kg.m, apabila diketahui jumlah gigi statater pinion 9, jumlah gigi ring gear 115dengan torgue poros enggkol 6 kg.m, berapa torque untuk motor stater?
A.0,60 kg.m
B.0,55 kg.m
C.0,50 kg.m
D.0,47 kg.m
E.0,45 kg.m
32. Jika kumparan voltage regulator putus yang terjadi adalah…….
a.       Tidak ada pengisian
b.      Pengisian berlebihan.
c.       Pengisian normal.
d.      Pegisian rendah
e.       Lampu tanda mati
33. Overcharge pada system pengisian konvensional dapat disebabkan oleh ….
a.       Resistor putus
b.      Voltage relay putus
c.       Lampu pengisian putus
d.      Tidak ada arus pada terminal N
e.       Voltage reglator putus
34. Cara mengetahui besarnya tahanan kumparan rotor pada alternator adalah menggunakan alat Ohmmeter dengan menghubungkan antara…..
a.      terminal N dan F
b.      terminal E dan  B
c.       terminal B dan F
d.      terminal F dan N
e.       terminal E dan F
35. .  zat pendingin akan mengambil panas dan berubah bentuk menjadi gas. Proses ini terjadi di………….
a.       Condensor
b.      Receiver
c.       Dryer
d.      Evaporator
e.       Expansion Valve
36. saat mengalir dari kompresor, zat pendingin kondisi…..
a.         dingin dan berbentuk cair
b.        bertekanan tinggi dan berbentuk gas
c.         dingin dan berbentuk gas
d.        bertekanan tinggi dan bebentuk cair.
e.         Panas dan berbentuk cair
37. Gambar dibawah ini merupakan komponen-komponen karburator dari system……
                                                             a.      kecepatan tinggi primer
                                                             b.      tenaga
                                                              c.      kecepatan
                                                             d.      percepatan
                                                              e.      kecepatan tinggi sekunder
38. Alat yang digunakan untuk memeriksa kerja solenoid karburator adalah…..
a.      Batere
b.      Voltmeter
c.       Obeng
d.      Ohmmeter
e.       ampermeter
39. Gambar dibawah ini Electronic Petrol Injection atau EFI type
f.       L. Jetronic
f.     D. Jetronic
g.      F. Jetronic
h.      H. Jetronic
i.     E. jetronic
40. Pressure regulator di sistem EFI merupakakan komponen dari sistem
a.   ICU
b.   induksi udara
c.    kontrol elektronik
d.   sensor
e.   bahan bakar
Kategori:Otomotif Tag:,
  1. Februari 12, 2013 pukul 2:04 am

    Actually no matter if someone doesn’t know after that its up to other viewers that they will assist, so here it takes place.

  2. Juli 17, 2013 pukul 12:33 am

    Howdy, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just wondering if you get a
    lot of spam responses? If so how do you stop it, any plugin or anything you can recommend?
    I get so much lately it’s driving me insane so any assistance is very much appreciated. Kudos!

  1. Maret 15, 2012 pukul 9:23 am
  2. Maret 15, 2012 pukul 9:31 am
  3. Maret 15, 2012 pukul 9:46 am
  4. Maret 18, 2012 pukul 1:05 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: