Beranda > Kata-kata Mutiara, Sapa Pagi > Semangat Pagi Hari Bukan Dari Kopi, Tapi Tergantung Pikiran

Semangat Pagi Hari Bukan Dari Kopi, Tapi Tergantung Pikiran


Sebagian besar orang sangat tergantung dengan secangkir kopi untuk memulai hari. Padahal yang bisa membangkitkan semangat di pagi hari bukanlah kopi, tapi apa yang ada di dalam pikiran.

Para peneliti Inggris melakukan studi untuk mengetahui benarkah secangkir kopi bisa membuat seseorang lebih semangat di pagi hari. Ternyata diketahui bahwa pikiran memberikan pengaruh yang lebih besar dibanding secangkir kopi.

Dalam studi ini peneliti memberikan kopi tidak berkafein tanpa sepengetahuan partisipan, lalu dilakukan serangkaian tes yang dirancang untuk mengukur kinerja mental, waktu reaksi dan suasana hati.

Diketahui partisipan yang menerima kopi tanpa kafein memiliki peningkatan yang signifikan dalam kinerja dan juga suasana hatinya. Hal ini tak jauh berbeda dengan partisipan yang mengonsumsi kopi berkafein.

Hasil ini menunjukkan bahwa bukan secangkir kopi yang bisa meningkatkan semangat di pagi hari, melainkan apa yang ada dipikiran seseorang. Karena seseorang akan berpikir semangatnya muncul setelah minum kopi, terlepas dari apakah kopi tersebut berkafein atau tidak.

Hal lain yang dipercaya oleh para partisipan adalah kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan dan bisa bekerja pada otak untuk memerangi rasa kantuk dan juga kelelahan, seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (6/9/2011).

Studi ini dilakukan oleh tim dari University of East London yang melibatkan 88 partisipan berusia 18-47 tahun yang merupakan pecinta kopi dan mengonsumsinya minimal 2 kali sehari. Hasil studi ini juga telah diterbitkan dalam jurnal Appetite.

Untuk menghindari kecanduan kopi, tak ada salahnya mengurangi jumlah kafein yang dikonsumsi. Jika terbiasa minum kopi saat pagi hari, maka mulailah menanamkan pemikiran positif untuk membangkitkan semangat.
Sumber

Terkait

Sapa Pagi : Puisi Selamat Pagi

Sapa Pagi: Risalah Sang Pencipta

(Puisi) Selamat Datang Pagi

Mentari Pagi dan Secangkir Kopi

Ucapan Selamat Pagi Romantis

  1. Belum ada komentar.
  1. Februari 22, 2012 pukul 5:51 am
  2. Februari 23, 2012 pukul 4:50 am
  3. Februari 26, 2012 pukul 6:02 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: