Beranda > Tahukah Kamu? > 10 Hal Pertama di Dunia Maya

10 Hal Pertama di Dunia Maya


1. Internet muncul pertama kali di dunia:
Tahun 1492, Christoper Columbus dan kru kapalnya mengklaim telah menemukan benua Amerika yang disebutnya ‘Dunia Baru’. Hampir limaratus tahun kemudian, tepatnya pada 1969, dalam ‘Dunia Baru’ tersebut ditemukan lagi satu dunia yang tak lain adalah ‘Dunia Maya’. Tentu saja si penemu bukan lagi Columbus dan krunya, melainkan para teknisi IT di Departemen Pertahanan (Dephan) Amerika Serikat. Lewat proyek ARPA/ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), para teknisi yang bermarkas di gedung Pentagon itu mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, orang bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET selanjutnya merancang bentuk jaringan, kehandalan, dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan. Hasil dari proyek inilah yang menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Mulanya, ARPANET dibuat untuk kepentingan keamanan nasional Amerika Serikat (AS) dan hanya menghubungkan 4 situs milik dari Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969. Setelah itu, ARPANET mulai diperkenalkan secara luas pada Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di sejumlah negara bagian hingga menarik minat sejumlah universitas di AS untuk bergabung. Hal ini membuat ARPANET kesulitan untuk mengatur. Untuk mengatasinya, maka ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer (keamanan nasional) dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan lagi menjadi Internet alias ‘Dunia Maya’.

2. Situs web Pertama di dunia:
Situs web pertama yang muncul di dunia maya sekaligus menandai dimulainya era World Wide Web alias ‘www’ dibuat oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee pada 6 Agustus 1991. Beliau saat itu mengorbitkan http://nxoc01.cern.ch sebagai situs pertama dan kemudian diikuti dengan http://nxoc01.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html yang menjadi halaman web pertama. Sayangnya situs ini sudah mati namun anda masih dapat melihat salinannya di sini. Nah, selanjutnya untuk menampilkan situs web tadi, beliau menggunakan komputer NeXTcube sebagai server web yang menjadikan komputer seharga USD 6.500 itu sebagai server web pertama di dunia.

Tahun 1994, Sir Tim Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology dan sampai sekarang masih menjabat sebagai ketua. Sumbangsih beliau dalam dunia maya sangat besar karena World Wide Web yang merupakan hasil karyanya tidak dipatenkan sehingga sampai saat ini kita masih bisa menggunakan secara bebas. Atas jasa-jasanya itu, Sir Tim Berners-Lee dianugerahi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II pada 16 Juli 2004.

– Situs Web Pertama di Indonesia
Di Indonesia sendiri tidak ada informasi akurat tentang siapa yang pertama kali membuat situs web. Yang jelas, internet baru mulai dikenal luas di negeri kita pada tahun 1994 dan saat itu beberapa situs web yang dibuat oleh orang Indonesia hanya menumpang hosting di beberapa universitas luar negeri karena status mereka yang sedang menuntut ilmu di sana. Setelah tamat dan pulang ke Indonesia, tentu saja situs-situs yang dibuat tersebut sudah tidak bisa diakses lagi karena sudah dihapus oleh universitas pemilik hosting. Satu-satunya yang mungkin tersisa adalah situsnya pak Budi Rahardjo: http://indonesia.elga.net.id yang mengklaim sebagai situs web pertama yang menyajikan informasi tentang Indonesia. Menurut pak Budi Rahardjo, situs webnya sudah ada sebelum browser Netscape ditemukan pada 1994 dan saat itu masih menumpang hosting di Universitas Manitoba, Kanada sehingga beralamat url http://www.umanitoba.ca/indonesian.

3. Domain Pertama di dunia:
DNS (Domain Name Server/Service) atau yang sering disebut ‘Domain’ saja berfungsi untuk mempermudah pengguna internet saat melakukan akses ke server untuk menerjemahkan IP address komputer. Domain pertama kali dibuat pada tahun 1984 yang terdiri dari domain top level seperti [dot]COM, .ORG, .EDU, .GOV, .MIL dan ccTLD.

-Tanggal 15 Maret 1985, domain komersial pertama (.com) didaftarkan atas nama Symbolics.com oleh perusahaan komputer Symbolics Inc., menyusul kemudian 5 domain berikut: bbn.com (24 April 1985), think.com (24 Mei 1985), mcc.com (11 Juli 1985) dec.com, (30 September 1985) northrop.com (7 November 1985) Bulan April 1985, domain yang diperuntukkan bagi institusi pendidikan [.edu] pertama kali terdaftar atas nama cmu.edu, purdue.edu, rice.edu and ucla.edu
-Juni 1985, domain yang diperuntukkan bagi institusi pemerintahan [.gov] pertama kali terdaftar atas nama css.gov
-Juli 1985, domain yang diperuntukkan bagi organisasi [.org] pertama kali terdaftar atas nama mitre.org
-Hingga Juni 2010, menurut statistik Domaintools tercatat ada 119.928.149 domain aktif dan 87.818.851 di antaranya adalah domain [.com]
-Nama domain terpanjang (63 karakter huruf) dimiliki oleh tiga domain berikut ini: http://www.thelongestlistofthelonges…atlonglast.com http://iamtheproudownerofthelongestl…nthisworld.com http://www.llanfairpwllgwyngyllgoger…chuchaf.org.uk

-Domain terpendek (1 karakter) dimiliki oleh beberapa perusahaan terkemuka dunia, namun yang paling terkenal adalah domain milik google: g.cn

4. E-mail pertama di dunia:
Pada tahun 1971, Ray Tomlinson memulai proyek SNDMSG. Lalu ia melanjutkan eksperimen dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPANET. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’ atau surat elektronik. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang Pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.

5. Search Engine pertama di dunia:
Jauh sebelum Google merajai dunia search engine (mesin pencari), langkah mereka sudah dirintis oleh Alan Emtage yang saat itu masih berstatus mahasiswa di McGill University, Kanada. Tahun 1990, dia membuat search engine pertama di dunia dengan kemampuan masih terbatas yang diberi nama “Archie” (diambil dari kata archives). Archie kemudian diikuti oleh “Veronica”, “Jughead” dan “Wandex” pada 1993. Para pemain besar baru muncul beberapa tahun kemudian; Google (1998), Yahoo! Search (2004), dan MSN (2005; dilebur menjadi Bing pada 2009)

6. Browser pertama di dunia:
Proyek “World Wide Web” alias “www” yang dikerjakan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee pada tahun 1991 ternyata bukan saja menandai munculnya situs web pertama di dunia namun juga melahirkan web browser (penjelajah/peramban web) pertama di dunia. Selanjutnya agar tidak rancu, Sir Berners Lee kemudian mengubah nama browsernya menjadi “Nexus”, lalu disempurnakan lagi menjadi “libwww”.

7. Instant Messengger pertama di dunia:
Tanggal 22 April 1993, Marc Andreessen melalui proyek National Center for Supercomputing Applications (NCSA) merilis browser yang lebih canggih: Mosaic. Karena fiturnya yang ‘user friendly’ dan sudah bisa memuat gambar, Mosaic menjadi populer dan sering dianggap sebagai ‘browser pertama yang sebenarnya’. Tahun 1994, Marc Andreessen keluar dari proyek NCSA dan merilis browser Netscape Navigator. Netscape kemudian berhasil menenggelamkan Mosaic dan menjadi penguasa browser. Setahun berikutnya muncul pesaing berat: Internet Explorer produksi Microsoft. Persaingan Netscape dan Internet Explorer (IE) di periode 1995-1998 dikenal sebagai “Perang Browser”. IE yang menjadi pemenang perang browser sampai saat ini masih menguasai pasar browser dengan statistik jumlah pengguna sekitar 60% dibayangi oleh Firefox 24% dan Chrome 7%.

8. Blog pertama di dunia:
Fitur chating-chatingan (instant mesengger) sebenarnya sudah ada saat internet mulai dikenal pada 1969, namun yang diakui sebagai program instant mesengger pertama adalah ICQ hasil karya Yair Goldfinger, Arik Vardi, Sefi Vigiser, dan Amnon Amir yang dirilis pada November 1996. Yahoo! Mesengger baru muncul pada 1998 dan sampai saat ini masih menguasai pasar instant mesengger.

9. Social Networking pertama di dunia:
“Facebook membantu Anda terhubung dan berbagi dengan orang-orang dalam kehidupan Anda”. Begitulah kira-kira definisi social networking menurut Mark Zuckerberg. Namun, Zuckerberg bukanlah yang pertama karena konsep serupa sudah diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang menjadikannya sebagai situs social networking pertama di dunia. Tahun 1997, SixDegrees.com hadir menyempurnakan fitur-fitur Classmates.com dan menginspirasi munculnya sejumlah social networking terkemuka seperti Friendster (2002), MySpace (2003), Facebook (2004) dan Twitter (2006).

10. Internet Hoax pertama di dunia:
Hoax atau berita palsu hampir tiap hari akan kita dapatkan di internet. Bahkan setiap tanggal 1 April bisa dipastikan kita akan menerima hoax berkaitan dengan iven April Mop. Kebetulan pula, hoax pertama kali beredar di internet pada 1 April 1984 yang mengabarkan bahwa (ex negara) Uni Soviet akan bergabung dalam jaringan Usenet di AS.
Sumber

Artikel Terkait

Gila. Cewek Ini di Foto Gak Bisa Mingkem

Mengetahui Karakter Lewat Tulisan

10 Ide Kencan Unik

5 Kebiasaan Buruk Orang Indonesia Yang TIdak Memandang Tingkat Pendidikan dan Strata Sosial

100 Arti Mimpi (Bunga Tidur)

Sejarah Asal Muasal Blackberry

Tanda-tanda Si Kencing Manis

Apakah Makan Coklat Itu Baik Untuk Kesehatan?

Cara Menjadi Detektive di Dunia Maya

Persimpangan Ruwet di Dunia

10 Makanan Untuk Memperbaiki Mood

10 Cara Mudah Meningkatkan Mood

  1. Juni 1, 2013 pukul 11:25 pm

    Thankfulness to my father who stated to me about this website, this weblog is in fact remarkable.

  2. Juli 9, 2013 pukul 12:41 am

    Having read this I believed it was extremely enlightening.
    I appreciate you taking the time and energy to put this informative article together.

    I once again find myself spending a significant amount of time both reading and leaving comments.
    But so what, it was still worthwhile!

  3. Juli 26, 2013 pukul 4:08 pm

    Hello my family member! I wish to say that this post is amazing, great
    written and include almost all important infos. I’d like to see extra posts like this .

  4. Oktober 28, 2013 pukul 8:08 pm

    Helpful information. Lucky me I discovered your web site by chance,
    and I’m shocked why this coincidence didn’t happened earlier!
    I bookmarked it.

  5. November 10, 2013 pukul 5:07 pm

    Its such as you learn my mind! You appear to understand so much about this, like you wrote the
    guide in it or something. I think that you simply can do with some percent to drive the message home a little bit, however instead of that, that is fantastic blog.
    A great read. I will definitely be back.

  6. November 12, 2013 pukul 7:47 am

    Your style is so unique in comparison to other folks I’ve read stuff from.
    Thank you for posting when you’ve got the opportunity, Guess I’ll just bookmark this page.

  7. November 14, 2013 pukul 5:51 pm

    I visited several web pages except the audio feature for audio songs present
    at this site is in fact excellent.

  1. Februari 21, 2012 pukul 7:28 pm
  2. Februari 21, 2012 pukul 7:48 pm
  3. Februari 22, 2012 pukul 1:18 pm
  4. Februari 22, 2012 pukul 6:20 pm
  5. Februari 22, 2012 pukul 7:56 pm
  6. Februari 23, 2012 pukul 5:39 pm
  7. Februari 23, 2012 pukul 5:48 pm
  8. Februari 25, 2012 pukul 7:21 pm
  9. Februari 25, 2012 pukul 7:59 pm
  10. Februari 26, 2012 pukul 10:02 am
  11. Februari 27, 2012 pukul 6:55 pm
  12. Februari 28, 2012 pukul 12:18 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: