Beranda > Berita > Berkat Celengan, PBB Desa Kaligono Lunas

Berkat Celengan, PBB Desa Kaligono Lunas


Warga masyarakat Desa Kaligono Kaligesing perlu dicontoh oleh warga yang lain. Dengan menggunakan “celengan”, mereka mampu membayar Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB) lunas setiap awal tahun. Kepala desa Kaligono Suroto mengungkapkan, warga membayar tanggungan tersebut menggunakan uang tabungan yang sudah di kumpulkan sejak setahun terakhir. Pembukaan tabungan untuk membayar PBB tahun 2012 Secara simbolis telah di lakukan oleh Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg di balai desa setempat (14/2). Ikut membuka celengan Ketua DPRD Yuli Hastuti, unsur PKK Kabupaten dan Camat Kaligesing Agus Ari Setiadi SSos.

Lebih lanjut Suroto menjelaskan, beban tanggungan PBB desa Kaligono nilainya mencapai Rp. 55.347.536, sesuai surat pemberitahuan pajak terutang ( SPPT) sebanyak 4.354 lembar. Nilai pajak desa Kaligono memang terbesar di kecamatan Kaligesing, namun sudah menjadi rutinitas setiap wajib pajak di dua pedukuhan Kaligono, secara serentak membayar pajak. Sebagian wajib pajak juga melunasi tanggungan menggunakan uang recehan.

Setelah celengan dibuka, petugas dari desa akan berkeliling menarik dana yang sudah disiapkan wajib pajak. Sebagai wajib pajak, warga Kaligono bahkan selalu meminta desa memberikan SPPT.

Pihak kecamatan selanjutnya akan merespon permintaan pihak desa dan menindaklanjuti dengan meminta kantor pajak setempat mempercepat penerbitan SPPT. “ Masyarakat selalu siap di awal tahun untuk urusan bayar pajak. Warga menilai uang yang disetor juga akan dikembalikan kepada desa dalam bentuk pembangunan,”ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, nilai Alokasi Dana Desa ( ADD) Rp 72,8 juta yang dialokasikan untuk desa Kaligono, lebih besar daripada pajak yang disetor. “Belum dana pembangunan lainnya, jadi jika bayar pajaknya lancar, pembangunan di desa juga lancar,”imbuhnya.

Bupati Purworejo Drs.H Mahsun Zain dalam kesempatan itu menghimbau, agar petugas pemungut pajak tidak menyalahgunakan dana setoran untuk kepentingan pribadi atau orang lain. Pembayaran pajak lebih awal seperti yang dilakukan oleh warga Kaligono Kaligesing ini bisa menjadi contoh, agar pembangunan di Purworejo cepat terwujud.
Sumber : Puworejokab.go.id

Artikel Terkait
Gedung Pengadilan Agama Purworejo Diresmikan
Guru SMA N 3 Purworejo Menjuarai Lomba Blog Guru Se-Indonesia

Kategori:Berita Tag:, ,
  1. Maret 5, 2013 pukul 3:25 pm

    Hello there! I know this is kind of off topic but I was wondering
    which blog platform are you using for this website?
    I’m getting sick and tired of WordPress because I’ve had problems with hackers and I’m looking at alternatives for another platform. I would be fantastic if you could point me in the direction of a good platform.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: