Beranda > Tahukah Kamu? > Cara Menjadi Detektive di Dunia Maya

Cara Menjadi Detektive di Dunia Maya


Nah, bagaimana kita memanfaatkan internet untuk membantu kita menjadi seorang detektif meskipun amatiran untuk kepentingan sendiri:

1. Manfaatkan Search Engine
Search Engine seperti Google, Bing dan Yahoo merupakan search engine yang paling populer untuk para peselancar dunia maya. Melalui halaman search engine kita cukup memasukan kata kunci yang akan kita cari. Dalam hitungan detik search engine akan mengindeks informasi yang kita cari untuk ditampilkan. Kemudian, kita tinggal memilih mana informasi yang sesuai.
Search bagi saya adalah sebuah sejata yang mantap untuk memudahkan dalam pencarian sebuah informasi.  Ketika mencari sebuah informasi, saya sering menggunakan beberapa search engine. Hasilnya bisa berbeda-beda untuk setiap search engine karena didasarkan pada pola kerja pengindekan informasi yang berbeda.
Untuk memudahkan pencarian, setiap halaman search engine memberikan berbagi menu tampilan seperti tampilan web, image, atau video. Silahkan pilihan mana yang paling tepat. Jadi jangan buang-buang waktu memendam sebuah masalah, silahkan manfaatkan search engine untuk mencari tahu informasi yang anda cari. Misalnya Anda ingin membeli suatu barang, silahkan gunakan search engine untuk mengetahui review yang telah dilakukan oleh orang lain sehingga Anda akan mendapatkan informasi yang cukup untuk produk yang Anda beli.
2. Manfaatkan Jejaring Sosial
Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Friendster dll seolah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Munculnya aneka macam jejaring sosial seolah menguatkan bukti jika manusia adalah makluk sosial yang suka berinteraksi dengan orang lain. Bisa jadi bergabung dengan jejaring sosial mengindikasikan jika kita bagian dari manusia yang tidak GAPTEK.
Bagi saya jejaring sosial bisa mengukuhkan tali silaturhami dengan sesama, bahkan teman-teman yang lama sekali tidak bertemu akhirnya bisa bertemu dan berkomunikasi kembali. Selanjutnya, jejaring sosial layaknya sebuah database nama-nama manusia di dunia. Lihat saja seperti Facebook yang memiliki pengguna hingga ratusan juta bahkan hampir menyentuh angka satu milyar. Pengalaman saya,  lebih cepat menggunakan jejaring sosial untuk mencari tahu teman-teman saya daripada saya harus bertanya ke sana kemari. Bahkan, jejaring sosial bisa jadi memiliki data nama-nama lebih lengkap daripada komputer catatan penduduk di kalurahan atau kecamatan. Sungguh ironis. Cukup saya mengingat nama yang akan saya cari, kemudian ketik di kolom search dan selanjutnya tinggal melihat hasil pencariannya.
Di jejaring sosial, user seringkali posting aneka informasi penting seperti pekerjaan, foto-foto, dan status. Melalui data-data tersebut kita bisa menyakini reputasi orang tersebut. Maaf kadang user menjadi sangat terbuka sekali di jejaring sosial sehingga informasi penting seperti no tlp juga dimunculkan di sana.
3. Manfaatkan website khusus seperti Youtube dan forum-forum online.
Tidak sedikit manusia yang sangat dermawan dengan ilmu yang mereka miliki. Jika Anda ingin mempelari sesuatu hal sedangkan Anda mengalami kesulitan dengan panduan tertulis, silahlkan buka laman Youtube dan klik informasi yang dicari. Dalam hitungan sesaat, Youtube akan menampilkan daftar video yang relevan dengan yang Anda cari. Saking dermawannya, aneka video sensitif pun di upload di halaman Youtube oleh para user seperti cara membuka gembok, cara menyulap, cara otak-atik komputer. Pokoknya sangat lengkap informasi.
Untuk informasi yang spesifik, silahkan bergabung dengan  forum-forum diskusi dengan topik yang lebih spesifik. Ada banyak sekali forum-forum diskusi online, seperti KasKus. Dalam sebuah forum, biasanya member akan sangat terbuka untuk berbagi informasi yang berhubungan dengan topik diskusi.
Nah, jadi jika Anda ingin mendapatkan suatu informasi dengan cepat tanpa merepotkan orang lain, manfaatkan media internet. Dijamin Anda akan mendapatkan informasi yang luar biasa banyak, bahkan mungkin tidak pernah diduga-duga sebelumnya. Kini saatnya kita menjadikan diri kita detektif untuk kepentingan kita sendiri. Dengan berbekal sebuah perangkat yang terhubung dengan internet, dunia ada dalam genggaman Anda.  Selamat Berselancar!!Sumber

 

Artikel Terkait

Persimpangan Ruwet di Dunia

10 Makanan Untuk Memperbaiki Mood

10 Cara Mudah Meningkatkan Mood

Kisah Tuyul Dan Babi Ngepet Curi Uang Warga

Tipe-Tipe Blogger

10 Nasehat Bijak Einstein

10 Bangunan Terbaik Dekade Ini

Kegagalan Terbesar di Bidang Teknologi Dalan Dekade Terakhir

6  Negara Penyalur Narkoba Terbesar
Cara Mengatasi Orang Yang Drama

  1. Belum ada komentar.
  1. Februari 19, 2012 pukul 2:01 pm
  2. Februari 19, 2012 pukul 8:46 pm
  3. Februari 19, 2012 pukul 8:53 pm
  4. Februari 19, 2012 pukul 9:11 pm
  5. Februari 19, 2012 pukul 9:27 pm
  6. Februari 20, 2012 pukul 3:27 pm
  7. Februari 20, 2012 pukul 8:34 pm
  8. Februari 20, 2012 pukul 8:44 pm
  9. Februari 20, 2012 pukul 9:24 pm
  10. Februari 21, 2012 pukul 7:10 pm
  11. Februari 21, 2012 pukul 7:28 pm
  12. Februari 21, 2012 pukul 7:48 pm
  13. Februari 22, 2012 pukul 1:18 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: