Beranda > Tahukah Kamu? > Berapakah Batas Keceapatan Yang Aman di Jalan

Berapakah Batas Keceapatan Yang Aman di Jalan


kecepatan

Teknologi dalam bidang otomotif terus berkembang. Kecepatan mobil pun dari waktu ke waktu semakin tinggi. Sehubungan dengan itu, kerap kali muncul pertanyaan tentang berapakah batas kecepatan yang dianggap aman? Ternyata, jawaban atas pertanyaan itu tidaklah mudah dirumuskan. Sangat sulit memerikan suatu jawaban yang baku mengenai hal itu karena sesungguhnya memang tidak ada batasan kecepatan yang dianggap aman dalam mengendarai mobil.
Menjalankan kendaraan dengan kecepatan rendah (kurang dari 60 kilometer per jam) pada jalan di mana kendaraan lain melaju dengan kecepatan tinggi (diatas 100 kilometer per jam) sangat berbahaya. Sebaliknya, melaju dengan kecepatan tinggi, di mana kendaraan lain berjalan dengan kecepatan rendah, juga sangat berbahaya. Sebab itu, jika mau aman, jalankan kendaraaan Anda sesuai dengan batas kecepatan yang diizinkan. Dengan kata lain, jika mau aman, kendarailah mobil Anda sesuai dengan kcepatan kendaraan lain. Jadi, yang terpenting bukan mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi atau kecepatan rendah, tetapi jalankanlah mobil Anda sesuai dengan kecepatan mobil-mobil lain.
Dalam kaitan itulah batas kecepatan minimum yang ditetapkan dan batas kecepatan maksimumyang diizinkan harus dipatuhi oleh semua pengendara kendaraan bermotor sehingga kecelakaan lalu lintas bisa diminimalkan. Misalnya, batas kecepatan minimum 60 kilometer per jam di ruas jalan tol dalam kota dan luar kota, serta batas kecepatan maksimum 80 kilometer per jam di ruas tol dalam kota dan 100 kilometer per jam di ruas tol luar kota.
Di samping itu, tanda dan rambu lalu lintas yang ada juga harus dipatuhi jika ingin perjalanan berlangsung dengan aman. Misalnya, truk melaju di lajur paling kiri, atau mobil yang berjalan lambat tidak sepatutnya berada di lajur paling kanan, mengingat lajur kanan hanya dikhususkan bagi kendaraan yang akan mendahului, atau jalan menyusul dari bahu jalan, serta menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan.
Jarak aman dengan kendaraan lain adalah 1-2 detik itu sama dengan22-44 meter. Jika mobil Anda melaju dengan kecepatan 80 km per jam, maka 1-2 detik itu sama dengan 22-44 meter. Jika kecepatan mobil Anda melaju dengan kecepatan 100 km per jam, maka 1-2 detik itu sama dengan 28-56 meter. Dalam kenyataan sehari-hari, dengan mudah ditemui pelanggaran terhadap tanda dan rambu lalu lintas. Mulai dari truk yang melaju di lajur kanan, mobil atau bus mendahului dari bahu jalan, atau mobil, bus, dan truk melaju denga kecepatan rendah di lajur paling kanan, sampai banyaknya kendaraan yang mengabaikan jarak aman dalam berkendara. Jarak antarkendaraan, terutama di jalan tol, hanya 3-5 meter, padahal jarum spidometer menunjukkan kecepatan 80-100 kilometer per jam. Akibatnya, begitu mobil yang berada di depan karena satu atu lain hal secara mendadak berhenti, tabrakan beruntun pu tidak dapat dihindari.
Semua Negara di dunia menetapkan batas kecepatan maksimum di berbagai ruas jalan. Mulai jalan pedesaan, jalan dipusat kota, dipinggiran kota, di jalan raya, sampai dijalan tol. Batas kecepatan maksimum tertinggi yang diizinkan berkisar 100 kilimeter per jam sampai 112 kilometer per jam. Selain untuk mengurangi jumlah angka kecelakaan, penetapan batas kecepatan maksimum juga di maksudkan untuk mengurangi tingkat pencemaran udara. Semakin kencang mobil dipacu, semakin tinggi emisi CO2 yang di lepaskan ke udara.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait

10 Lukisan Paling Terkenal Di Dunia
5 Game Online Terpopuler Di Indonesia
10 Manga Terlaris Di Dunia
5 Sarang Hantu Paling Terkenal di Dunia
8 Hantu Paling terkenal di Indonesia
10 Kapal Hantu Paling Aneh dan Misterius
15 Foto Hantu Gentayangan Paling Populer Di Dunia

  1. Belum ada komentar.
  1. Desember 7, 2011 pukul 10:14 am
  2. Desember 8, 2011 pukul 12:33 pm
  3. Desember 9, 2011 pukul 8:14 am
  4. Desember 9, 2011 pukul 9:03 am
  5. Desember 9, 2011 pukul 9:43 am
  6. Desember 9, 2011 pukul 10:29 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: