Beranda > Pengetahuan > Memahami Aids dan HIV

Memahami Aids dan HIV


memahami HIV dan Aids

Kita sudah sering mendengar kata Aids/HIV, apakah kita tahu apa sih sebenarnya Aids/HIV itu?
Kata HIV adalah singkatan dari Human Immunodefficieny Virus, sedang Aids adalah Acquired Immuno Defficiency Syndrome. Aquired artinya teinfeksi dari luar Immune artinya system kekebalan tubuh. Defficiency artinya penurunan, sedang Syndrome sekumpulan gejala penyakit. Sedang HIV-nya adalah nama virus yang menyebabkan berjangkitnya Aids. Jadi, Aids itu adalah kumpulan gejala akibat menurunnya kekebalan tubuh yang terjadi karena terinfeksi virus HIV.
Ada beberapa tahapan orang terkena HIV :
1. Orang masih terlihat sehat, cuma setelah beberapa minggu ia sering kena sakit ringan, seperti flu dan diare.
2. Orang masih terlihat selama 3-4 tahun tidak ada gejala khusus. Baru setelah tahun ke- 5 atau ke-6 orang itu sering diare terus menerus.
3. Berat badan mulai menurun drastis
4. Penderita sudah kelihatan semakin lemah. Pada tahap ini sering ditandai dengan sariawan dimulut, pembengkakan dileher dan ketiak. Ini adalah pembengkakan getah bening, Diare dan batuk terus menerus, juga sering demam atau berkeringat dimalam hari.
Aids/HIV bisa menular lewat sperma, darah (termasuk darah haid dan darah placenta), serta cairan pada alat kelamin perempuan. Tapi HIV tidak bisa ditularkan lewat gigitan nyamuk, makan dari piring yang sama, bersin, cium pipi, tukang cukur, kolam renang, bergandengan tangan, dan wc umum.
Perilaku-perilaku yang bisa menyebabkan terinfeksi HIV yaitu orang yang sering berganti-ganti pasangan seksual. Bisa juga tertular kalau salah satu pasangannya positif terinfeksi HIV lewat media darah. Darah orang yang terinfeksi HIV bisa masuk kedalam tubuh kita melalui tranfusi darah, jarum suntik dan alat tusuk lain seperti akupuntur/tusuk jarum, tindik, tato, dan alat kedokteran gigi. Juga bisa lewat pisau cukur dan sakit gigi yang yang tercemar HIV. Ibu hamil yang positif terinfeksi HIV juga bisa menularkan kepada bayinya. Bayi sangat mudah tertular dalam proses persalinan. Tapi ada juga perempuan positif HIV yang melahirkan bayi sehat. Biasanya sih dalam pengawasan dokter dan dianjurkan untuk tidak menyusui karena beresiko. Ternyata berciuman bibir bisa menularkan HIV juga, kalau ada luka lecet dimulut atau bibir. Dalam air ludah memang ada virus HIV-nya tetapi jumlahnya sangat sedikit.
Orang yang memakai narkoba dengan cara suntik atau yang disebut IDUS (Intravenous Drugs Users) beresiko sangat besar tertular HIV. Karena umumnya jarum suntik dipakai beramai-ramai, tidak ada proses sterilisasi. Juga tidak jarang mereka menikmati zat itu beramai-ramai, mereka juga malakukan seks bebas. Jadi HIV bisa ditularkan lewat jarum suntik bisa juga dari seks bebasnya. Sampai sekarang belum diketemukan cara pengobatan HIV yang tuntas. Ada obat-obatan atau vitamin hanya untuk mempertahankan agar selalu sehat, bukan untuk menyembuhkan. Biasanya obatnya yang diberikan adalah retriviral. Obat ini hanya untuk menghambat pembangkitan virus, bukan untuk menghilangkan sama sekali. Dan harganya sangat mahal.
Cara pencegahan HIV, yaitu kita harus berpola hidup sehat, tidak melakukan seks bebas, tidak mengkonsumsi narkoba, atau tidak berperilaku yang beresiko menularkan HIV. Kita juga tidak boleh mengucilkan orang yang terinfeksi HIV (ODHA = Orang Dengan HIV/Aids) karena vieus HIV tidak mudah untuk ditularkan. Justru kita menunjukkan kepada ODHA dengan tidak mengucilkan. Kita harus memperlakukan sebagai teman dan harus diberi semangat. Harapan kita semua agar kasus HIV tidak berkembang terus setelah kita mengetahui tentang HIV/Aids. Kita harus sadar bahwa kita sendirilah yang mampu menghindarkan diri dari HIV/Aids.

Artikel Terkait

Pengobatan Sederhana Yang Efektif

Bawang Putih Dapat Mencegah Penyakit Jantung
Perdana Menteri Rwanda Baptis 22 Gorilla
Penemuan Spesies Flora dan Fauna Baru di Kalimantan
Jack The Ripper
Apakah Hukum Einstein Bukti Adanya Hantu?

Robot Asimo Kini Makin Pintar dan Luwes
Otak Kanan? Otak Kiri?

  1. Belum ada komentar.
  1. Desember 2, 2011 pukul 1:29 pm
  2. Desember 7, 2011 pukul 9:48 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: