Beranda > Pengetahuan, Tahukah Kamu? > Bawang Putih Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Bawang Putih Dapat Mencegah Penyakit Jantung


null

• Khasiat bawang Putih
Sejak akhir tahun 1970-an hingga pertengahan tahun 1980-an, yang terkumpul menjelaskan bahwa bawang putih menignkatkan kolesterol dalam darah. Dalam banyak percobaan dengan penambahan bawang putih, orang yang sehat dan orang yang kolesterolnya tinggi, mengalami penurunan kadar kolesterol. LDL dan terigliserida. Sedang tingkat kolesteol HDL bertambah.
Selain itu bawang putih diduga bisa mengurangi kecenderungan terjadinya pembekuan darah didalam pembuluh nadi jantung yang menyempit. Penelitian lain membuktikan bahwa bawang putih bisa mengurangi resiko kanker, tekanan darah tinggi/rendah, merangsang system kekebalan, dan dapat membunuh bakteri.
• Cacat Penelitian
Apakah mungkin bawang putih dapat menjadi sejenis gandum yang lain dalam memerangi penyakit jantung? Demikian pertanyaan yang terus menggelelitik para pakar kesehatan. Direktur Klinik Nutrisi, Mayo Rochester, AS itu menambahkan bahwa meskipun demikian jangan terlalu gegabah.
Menurutnya tidak ada studi ilmiah yang terkontrol baik dan mampu membuktikan kegunaanbawang putih bagi kesehatan. Banyak sekali penelitian yang cacat/ada kekurangan karena hanya dilakukan terhadap sedikit orang, untuk jangka waktu yang sangat pendek/tanpa kontrol mengenai bagaimana fakta-fakta lain dalam diet bisa mempengaruhi hasil penelitian.
Setiap kali mendapat bukti bahwa bawang putih digunakan untuk melawan penyakit jantung, tidak seorang pun tahu seberapa banyak kadar yang dibutuhkan. Dari 5 penelitian dimana bawang putih segar/ minyak bawang putih yang digunakan berjumlah 7-28 butir. Menunjukkan penurunan kolesterol yang ada dalam darah. Tetapi ada yang mengkritik laporan itu dan menegaskan bahwa studi mereka mengungkapkan hasil yang memuaskan dengan hanya menggunakan 1 buah bawang putih sehari.
Perdebatan itu juga meliputi tambahan bawang putih komersial. Misalnya jumlah unsure aktif bawang putih segar yang terkandung dalam tablet-tablet bawang putih. Unsur mana yang mengandung efek yang diinginkan? Apakah tambahan bawang yang tidak berbau juga dapat bekerja?
Jadi, tak ada bukti bahwa menggunakan bawang putih dalam jumlah dan bentuk apa saja adalah baik untuk kesehatan. Belum lagi, riset menyatakan bahwa memaka bawang putih segar berdosis tinggi menyebabkan seseorang mudah menderita infeksi pada kulit, gangguan pada perut, dan ketidakmampuan menangkal reaksi alergi. Saran palumbo, untuk sementara, simpanlah bawang putih ddidapur saja, jangan dilemari obat.
• Bawang Putih Dan Kanker
Sebenarnya bawang putih mengandung organisulfur. Bahan tersebut tidak ada nilainya bagi gizi manusia. Tetapi, bisa menghalangi akibat-akibat dari zat-zat yang bisa menyebabkan kanker, mabuk, dan bahan-bahan yang secara potensial mengandung racun.
Dalam konferensi gizi dan kanker, Lew W. Wattenberg, Profesor Patologi pada Universitas Minnesota mendiskusikan teori-teori yang menghubungkan bawang putih dengan makanan bahwa bukti dari penelitian terhadap binatang tidak data dipergunakan untuk manusia.

Artikel terkait :
Perdana Menteri Rwanda Baptis 22 Gorilla
Penemuan Spesies Flora dan Fauna Baru di Kalimantan
Jack The Ripper
Apakah Hukum Einstein Bukti Adanya Hantu?
Robot Asimo Kini Makin Pintar dan Luwes
Otak Kanan? Otak Kiri?
My Monas

  1. Belum ada komentar.
  1. Desember 2, 2011 pukul 10:08 am
  2. Desember 2, 2011 pukul 1:29 pm
  3. Desember 2, 2011 pukul 1:29 pm
  4. Desember 3, 2011 pukul 11:25 am
  5. Desember 3, 2011 pukul 3:53 pm
  6. Desember 4, 2011 pukul 12:36 pm
  7. Desember 4, 2011 pukul 2:46 pm
  8. Desember 7, 2011 pukul 9:48 am
  9. Maret 11, 2012 pukul 12:47 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: