Beranda > Tips dan Trik > Tips Belajar Efektif dan Kreatif

Tips Belajar Efektif dan Kreatif


Belajar mendadak menjelang ujian/tes itu nggak efektif. Materi yang banyak bukan masalah kalau sebelum ujian kita udah ngulang pelajaran. Ada sepuluh cara pintar supaya waktu belajar jadi efektif :
1. Bukan Cuma Menghafal, Yap, fungsi utama kenapa kita belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hafal 100 persen detail pelajaran, tapi yang lebih penting kita paham semua materi. Jadi sebelum menghafal, usahakan untuk ngerti garis besar materi pelajaran.
2. Catat Pokok Pelajaran, Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil kesimpulan atau intisari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.
3. Baca Tiga Kali, Supaya paham, baca materi baru minimal dua kali sehari, sebelum dan sesudah materi diterangkan guru. Karena otak sudah mengolah materi tiga kali, dijamin bakal tersimpan cukup lama.
4. Kata Kunci Hafalan, Sering kita harus menghafal materi pelajaran yang lumayan banyak. Itu bisa disiasati, buatlah kata-kata kunci untuk setiap hafalan supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya.
5. Waktu Tepat, Waktu belajar yang paling enak saat badan kita segar dan fit. Pagi hari biasanya jadi waktu yang paling tepat untuk berkosentrasi penuh. Gunakan saat-saat itu mengolah materi-materi baru.
6. Latih Kemampuan Sendiri, Kita bisa melatih sendiri otak kita. Setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi guru coba jawab semua pertanyaan dan periksa sejauh mana kemampuan kita.
7. Suasana Nyaman, Banyak hal yang bisa bikin suasan belajar jadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood. Tempat belajar juga bisa disesuaikan, kalau bosan dikamar ya diteras atau dimanapun yang bisa membuat kamu nyaman.
8. Kembangkan Materi, Setelah mengulang materi dan menjawab soal, jangan langsung tutup buku. Buat beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Kembangkan materi itu supaya terserap oleh otak kanan yang nantinya bisa diingat secara lebih lama.
9. Kelompok Belajar, Kalau lagi bosan belajar sendiri, tidak ada salahnya mengajak teman, pacar, adik, kakak, atau siapa pun untuk menemani kita belajar.
10. Waktu Istirahat, Belajar boleh ngebut dan kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Ini dimaksudkan agar kita tidak jenuh dan otak kita bisa fresh kembali. Gunakan waktu istirahat ini benar-benar untuk istirahat. Bisa becanda dengan teman, melihat-lihat pemandangan sekitar, atau sekedar merebahkan tubuh di tempat tidur.
Semoga bermanfaat… Selamat mencoba. . . . .

  1. Belum ada komentar.
  1. November 30, 2011 pukul 3:35 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: