Beranda > Humor > ‘Naik Gratis! Turun Bayar!

‘Naik Gratis! Turun Bayar!


Tanganku melambai agar angkutan kota yang berjalan menuju kearahku berhenti. Aku kemudian naik dan duduk di bangku paling belakang sebelah kanan. Aku mengobrol dengan seorang perempuan separuh baya.
Ngobrol macem-macem, ini itu, membuat aku tak sadar kalau sebentar lagi aku hampir sampai tujuanku.
“Aku duluan ya mbak, aku turun di lampu merah depan.” Kataku pada perempuan yang dari tadi aku ajak ngobrol.
“Kiri pak!” Kataku sambil mengetok atap mobil.
“Terimakasih ya pak?” kataku ketika keluar dari angkot.
“Eh. . . Bayar dulu dik!” Teriak sang supir karena aku berjalan sudah agak jauh dari angkot yang aku tumpangi tadi. Aku menoleh, kemudian aku menghampiri sopir angkot tadi.
“Bapak manggil saya ya? Ada apa?” kataku tanpa merasa bersalah.
“Bayar dulu uangnya! Kamu belum bayar!” dengan nada tinggi dan agaknya sang supir sedikit marah.
“Lho bayar buat apa pak?” aku belum paham apa yang supir ini omongin.
“Kamu kan tadi naik angkot saya, jadi ya kamu sekarang harus bayar!”
“Lho. . . Bapak ini gimana to? Kan dipintu ada tulisan “Naik Gratis! Turun Bayar!” tadi kan saya naik dari pertigaan pasar, terus barusan saya keluar dari angkot di trotoar yang tingginya sama ma lantai pintu angkot bapak. Jadi kan saya nggak turun dari angkot, tapi saya keluar dari angkot. Kan bayarnya cuma kalau turun, kalau saya keluar, berarti saya . . . ?”
“Tidak bayar. . . ” jawab sang supir yang terlihat sambil memikirkan sesuatu.
“Nah itu bapak tahu. . .” aku berjalan menjauhi angkot itu dengan tanpa merasa bersalah.
Sopir angkot “…??? Naik Gratis! Turun Bayar! Benar juga sih. Tapi… Eh… Dik uangnya mana?”

(si Andi)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

