Beranda > Pengetahuan > English – Singular And Plural Nouns

English – Singular And Plural Nouns


Kalau dalam bahasa Indonesia mau bilang atau mau tulis 1 buku ya “satu buku”, dan untuk 2 buku ya sami mawon hanya saja 2, menjadi “dua buku”. Dalam bahasa Inggris jika Anda hanya mengganti one menjadi two itu masih belum cukup. Kalau 1 buku katakan “one book” atau “a book”. Sedangkan dua buku adalah “two books”, harus ditambahkan huruf s pada kata book, menjadi books.

Itulah yang dalam pelajaran bahasa inggris sesi ini yang saya maksudkan sebagai Singular (single) dan Plural (banyak atau jamak atau lebih dari satu). Dalam bahasa Indonesia ini hampir tak perlu dipelajari, karena tanpa perubahan untuk satu atau lebih dari satu, paling-paling kita tambah jumlahnya saja, atau kata tersebut diulang, misalnya beberapa buku, atau buku-buku. Bahasa kita keren kok, tak serumit bahasa inggris. Sebaliknya orang yang bahasa aslinya bahasa inggris akan bilang bahasa Indonesia yang rumit, sedangkan bahasa inggris MUDAH. Nah, kalau kita perdebatkan hal ini maka tak akan jadi bisa pandai bahasa inggris, haha..

Ok kita lanjutkan ya.

Singular artinya ya SINGLE atau tunggal (satu), jadi Singular Noun adalah kata benda tunggal. Contohnya book, ball, computer, table, dan sebagainya.

Nanti, dalam pelajaran tentang TO BE, kita akan memasangkan singular noun dengan “is”, seperti this is a book, my father is a pilot (ayah saya seorang pilot).

Sedangkan Plural artinya jamak (banyak, lebih dari satu). Seperti balls (beberapa bola), fingers (jari-jari). Anda lihat pada kata benda tersebut ditambahkan s. Tetapi untuk baby (bayi) jika lebih dari satu bukan babys loh, melainkan babies. Sedangkan man (orang laki-laki) jika lebih dari satu malah menjadi men. Kurang asem bener nih bahasa, ngga beraturan.

Nah, nanti dalam berbicara bahasa inggris, apalagi menulis dalam bahasa inggris, Anda harus mengikuti panduan yang tidak ada rumusnya ini, jika salah nanti dosa. Kalau banyak dosa bisa masuk neraka. Jadi, jika Anda hendak berbahasa inggris dengan baik dan benar, pelajarilah hal ini lewat buku-buku english grammar atau tata bahasa inggris yang banyak terdapat di toko-toko buku.

Tapi jangan pula ketidak-beraturan bahasa inggris ini dijadikan alasan “wah mending gak deh belajar bahasa inggris, rumit amat!”. Nanti Anda rugi sendiri tak pandai bahasa inggris. Jika Anda pandai bahasa inggris, hidup bisa jadi lebih mudah. hehe..

Rumus yang umum untuk kata benda tunggal menjadi jamak atau bahasa inggrisnya singular noun menjadi plural noun adalah ditambah s, es, ies. Memang ada banyak pengecualian. Agar Anda mendapatkannya ya beli buku woii!!, hehe..

Kalau dalam keseharian kita seperti chatting via Yahoo Messanger, atau ngobrol makan siang sambil belajar bahasa inggris, lupakan saja dulu s atau es ini (kalau Anda pesan teh panas kan nda perlu pake es). Maksud saya agar banyak praktek tanpa banyak hambatan, do it, praktek, praktek dan praktek (seperti kata guru saya).

Ya, dalam setiap hal, baik itu belajar bahasa inggris atau belajar bisnis sekalipun, jurus yang paling jitu adalah “jurus terus”. Ya terus praktek, ya terus belajar, ya terus bersemangat. Dijamin Anda pasti bisa!. Bahasa inggris itu ternyata lebih cepat bisa dengan “semangat” bukan dengan buku, bukan pula dengan grammar atau tatabahasa. Tapi dengan semangat Anda, maka nanti buku dan segala macam resource akan anda manfaatkan sendiri tanpa disuruh lagi. Jika ini menurut anda adalah sebuah kontroversi maka itu tandanya semangat Anda untuk bisa bahasa inggris masih perlu saya pertanyakan.

Yes, terus terang sebenarnya di website bahasainggris.net ini saya akan lebih banyak memotivasi Anda agar Anda otomatis gerak dan action walau Anda sudah lupa bahwa website belajar bahasa inggris saya ini pernah Anda baca.

Tuh kan, dari belajar bahasa inggris tentang singular dan plural nouns kita lari ke “semangat”. Kok bisa ya? hehe.. Rasanya jarang cara ini dapat Anda temui di tempat-tempat kursus bahasa inggris yang pernah Anda ikuti, walapun untuk kursus bahasa inggris tersebut Anda telah membayar mahal. Dengan modal semangat maka proses belajar Anda bahasa inggris sudah pasti menjadi jauh lebih murah. Yang mahal adalah semangat Anda itu.

Sekarang katakanlah “Saya harus bisa bahasa inggris!”. Katakan juga “bahasa inggris saya harus mengalir seperti air, harus! tidak ada pilihan yang lain!”.

Saya juga sedang belajar kok, dan saya punya cara untuk menempelkan ilmu di otak saya yaitu dengan banyak menulis. Anda mungkin sudah baca bagaimana menulis mampu membuat nilai bahasa inggris saya menjadi 9 ke atas, terus menerus, dari dulu hingga kini.

Sumber : http://bahasainggris.net/belajar/07-singular-and-plural-nouns

Mungkin Anda Juga Mencari :

English – Countable Nouns dan Uncountable Nouns

English – Nouns atau Kata Benda

English Summary – CAUSATIVES: HAVE & GET

Kategori:Pengetahuan Tag:,
  1. Cristina
    April 16, 2014 pukul 3:21 pm

    Wow that waas unusual. I just wrote ann really long comment but afvter I licked submit my comment didn’t appear.
    Grrrr… wwell I’m nnot writing alll that over again. Anyway, just wanted to ssay great blog!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.119 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: