Beranda > Otomotif > Cara Kerja Mesin Diesel

Cara Kerja Mesin Diesel


Komponen Mesin Diesel

Motor diesel dikategorikan dalam motor bakar torak dan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine)
Prinsip kerja motor diesel adalah merubah energi kimia menjadi energi mekanis. Energi kimia di dapatkan melalui proses reaksi kimia (pembakaran) dari bahan bakar (solar) dan oksidiser (udara) di dalam silinder (ruang bakar). Pembakaran pada mesin Diesel terjadi karena kenaikan temperatur campuran udara dan bahan bakar akibat kompresi torak hingga mencapai temperatur nyala.

Cara Kerja Mesin Diesel

 

Pertama
Pada ruang bakar mesin, udara masuk
Saluran Masuk terbuka

Kedua
Terjadi langkah Kompresi yaitu penekanan udara
Langkah disini menghasilkan peningkatan tekan dan suhu yang cukup tinggi.
Saat kompresi berada di TMA maka fuel injector akan memasukkan bahan bakar dengan mengabutkannya
Karena suhunya tinggi dan ada bahan bakar yang telah masuk adri fuel injector berupa gas maka campuran tersebut terbakar.

Ketiga
Tekanan gas hasil pembakaran bahan bakar dan udara akan mendorong torak yang dihubungkan dengan poros engkol menggunakan batang torak, sehingga torak dapat bergerak bolak-balik (reciprocating). Gerak bolak-balik torak akan diubah menjadi gerak rotasi oleh poros engkol (crank shaft). Dan sebaliknya gerak rotasi poros engkol juga diubah menjadi gerak bolak-balik torak pada langkah kompresi.

Keempat
Saat torak bergerak keatas dan menekan udara hasil pembakaran keluar ke udara luar melalui knalpot.
Saluran keluarnya terbuka.

 

Perbedaan mendasar dari jenis mesin BENSIN dan DIESEL adalah, kalau mesin BENSIN atau disebut juga mesin Otto (motor ledak), di dalam ”ruang mesin” nya terdapat lecutan listrik/api dari BUSI untuk ”menyalakan” campuran bensin dan udara (oksigen). Sementara pada mesin Diesel, tidak diperlukan nyala listrik/api dari busi. Tapi menyala Karena tekanan dan suhu tinggi yang dihasilkan dari kompresi.

 

Sumber

 

Call Center Curhat!!! Seperti apa ya? yuk kita simak di Planet Kentir!!

Artikel Terkait

Fungsi dan Cara Kerja Thermostat Pada Mobil

Alat Ukur – Kunci Momen

Perbedaan Antara Karburator VS Injeksi

Busi dan Cara Kerjanya

Perbedaan Antara Mobil Matic dengan Mobil Manual

Bushing Ulir Busi Motor 4 Tak

Cara Setrum Aki

Kerusakan Pompa Bensin Vixion

Kategori:Otomotif Tag:, , ,
  1. April 23, 2013 pukul 4:35 pm

    Please let me know if you’re looking for a article author for your site. You have some really good articles and I feel I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d really like to
    write some content for your blog in exchange
    for a link back to mine. Please shoot me an email if interested.
    Cheers!

  1. Maret 15, 2012 pukul 9:23 am
  2. Maret 15, 2012 pukul 9:32 am
  3. Maret 15, 2012 pukul 9:46 am
  4. Maret 18, 2012 pukul 1:05 pm
  5. April 19, 2012 pukul 8:59 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.109 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: